II.
MULTIMEDIA
1.1 Aplikasi
Multimedia
1.1.1
Definisi
Aplikasi Multimedia
Multimedia merupakan perangkat yang biasanya digunakan
untuk akses data gambar, suara (audio) dan video, permainan, pengolah foto
digital, dan lainya. Contoh software ini misalnya MP3, MIDI, WAV,
telenconference, video-drive, radio internet, berbagai macam permainan, dan
lain sebagainya. Syarat komputer multimedia,
biasanya memiliki tambahan perangkat seperti: kartu suara (soun card),
kartu grafik (graphich card), speaker, mikropon dan software (program aplikasi)
yang mendukung untuk melakukan akses multimedia. Ada juga yang menyebutkan
bahwa aplikasi multimedia
adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan
elemen-elemen seperti: teks, dokumen, suara, gambar, animasi serta video.
Berikut ini adalah gambaran tentang elemen-elemen yang digunakan dalam aplikasi
multimedia:
1.1.2 Beberapa Aplikasi Multimedia
A. Teks
Animasi
Seperti
yang telah dipaparkan sebelumnya, bahwa teks merupakan elemen multimedia yang
menjadi dasar utama dalam menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data
yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil.
Dalam mengelola atau membuat sebuah teks animasi untuk berbagai bentuk,
dibutuhkan aplikasi-apalikasi khusus untuk teks ataupun aplikasi multimedia
yang bersifat universal yang di dalamnya melingkupi pembuatan teks, video dll.
Berikut adalah beberapa aplikasi untuk mengelola teks.
B. Flash
CS3
Flash
CS3 adalah suatu aplikasi berbayar yang dapat digunakan untuk menciptakan suatu
animasi dengan
dilengkapi bahasa pemprograman. Adobe Flas CS3 memiliki bahasa
pemprograman yang
dikenal dengan nama actionscrip yang muncul pertama kali pada flash 5. Aplikasi
ini menghasilkan animasi berbasis vector dengan format file.swf dan dapat
diputar didalam web.
C. Corel
Draw
Corel
Draw adalah Software Grafis pengolah gambar berbasis Vector, Corel Draw banyak
digunakan oleh
para Desainer untuk membuat berbagai macam desain, seperti desain Logo,
Kaos, Majalah,
Poster, Ilustrasi, dan banyak lagi.
D. Photoshop
Photoshop
adalah aplikasi yang digunakan untuk mengedit foto, membuat teks 3D maupun teks
lainnya, photoshop tersedia beberapa jenis antara lain photoshop CS3, photoshop
CS7 dll.
GIF animasi
adalah sebuah aplikasi pembuat animasi berupa teks
Xara 3D Maker 7
adalah Software Yang Berfungsi Untuk Membuat Sebuah Teks Animasi 3D.
1.1.3. Dampak Aplikasi
Multimedia
A. Dampak positif:
1.
Komunikasi yang lebih baik
2.
Transportasi data lebih
cepat dan aman
3.
Pekerjaan selesai lebih
cepat dan akurat
4.
Efesiensi tenaga kerja
B. Dampak negatif :
1.
Manusia tergantung dengan
kompuer
2.
Kehilangan pekerjaan
karena komputer lebih cepat dan teliti
3.
Hacker yang merusak
data-data dalam komputer walaupun sudah di password
1.2
Kebutuhan
Perangkat Keras
1.2.1
Kebutuhan Perangkat Keras
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan
kemampuan multimediapaling tidak memiliki kompenen yang disebut kartu suara (sound
card) sepasang speaker, dan mikropon.
a. Kartu
suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio.
b. Speaker
adalah peranti untuk menyajikan suara.
c. Mikropon
adalah peranti untuk menerima suara manusia.
Umumnya komputer
sekarang telah dilengkapi komponen-komponen tersebut. Secara ringkas komponen pendukung yang dipakai untuk menciptakan produk
multimedia adalah :
1.2.2
Perangkat
keras.
Komputer multimedia
a.
Sistem
komputer
komputer PC desktop, komputer workstation, laptop, komputer hybrid, komputer tablet
komputer PC desktop, komputer workstation, laptop, komputer hybrid, komputer tablet
b.
Perangkat
Capture
Kamera video, video recorder, microfon audio, keyboard, grafic tablet, perangkat 3d input, sensor sentuh, perangkat VR, perangkat digitalizing/sampling, pemindai
Kamera video, video recorder, microfon audio, keyboard, grafic tablet, perangkat 3d input, sensor sentuh, perangkat VR, perangkat digitalizing/sampling, pemindai
c.
Perangkat
penyimpanan
Harddisk, CD rom, DVD rom, Zip drive, SSD,dll
Harddisk, CD rom, DVD rom, Zip drive, SSD,dll
d.
Jaringan
komunikasi
Ethernet, token ring, FDDI, ATM, intranet, internet
Ethernet, token ring, FDDI, ATM, intranet, internet
e.
Perangkat
penampil
speaker, HDTV, SVGA, printer, plotter, dl
speaker, HDTV, SVGA, printer, plotter, dl
1.3 Elemen-elemen multimedia
Sebuahsistem
multimedia adalahsuatusistem yang mendukunglebihdarisatu
media.Suatusistembisadisebutsebagaisistem multimedia:
a.
Kombinasi Media
Sistemdisebutsistem
multimedia jikakeduajenis media (continuous/discrete) dipakai.Contoh media
diskrit :teksdangambar, dan media kontinuadalahaudiodanvideo.
b.
Independence
Aspekutamadarijenis
media yang berbedaadalahketerkaitanantar media tersebut.Sistemdisebutsistem
multimedia jikatingkatketergantungan/keterkaitanantar media tersebutrendah.
c.
Computer-supported Integration
Sistem harus dapa tmelakukan pemrosesan yang dikontro loleh komputer. Sistem dapat deprogram oleh system programmer/ user.
SISTEM MULTIMEDIA
|
Teks
|
Audio
|
Video
|
Grafik
|
Animasi
|
KomputerInteraktif
|
Elemen-el
elemen dari multimedia adalah:
a) Teks
b) Suara
c) Gambar statis
d) Animasi
e) Video
f) Grafik
1.3.1 Teks
Teks merupakan
bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang
menggunakan model baris, perintah
ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun
ukuran.
Contoh teks :
Calibri-ukuran 12
Calibri-ukuran 20
Forte-ukuran 20
1.3.2 Suara atau Audio
Suara merupakan
media untuk menyajikan informasi tertentu dalam bentuk gelombang bunyi, sehingga lebih mudah diingat dan dipahami oleh pendengarnya.
Format
|
Ekstensi
|
Keterangan
|
AIFF
|
.aif
|
Kepanjangannya adalah Audio Interface File Format,
nerupakan standar berkas suara tersampel pada komputer Apple.
|
AU
|
.au
|
Format suara yang pertama kali dikembangkan oleh Sun.
Terkenal dilingkungan UNIX
|
MIDI
|
.mid
|
Kepanjangannya adalah Musical Instrument Digital
Interface, merupakan format suara Yang
khusus untuk menyimpan instrumen musik. Tidak biasa untuk suara
|
MP3
|
.mp3
|
Format umum yang digunakan untuk lagu
|
WAVE
|
.wav
|
Format suara yang biasa dipakai untuk windows.
|
WMA
|
.wma
|
Kepanjangan adalah Windows Media Audio, merupakan
berkas suara yang mempunyai kualitas seperti CD tetapi dengan ukuran berkas
hanya dari setengah dari ukuran berkas mp3
|
Berbagai perangkat lunak dapat digunakan untuk merekam suara. Sebagai contoh. Sound Recorder yang tersediapada
windows dapat digunakan untuk merekam suara dengan
format WMA.
1.3.3 Gambar Statis
Umumnya gambar
disimpan dengan cara di mampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam
penyimpanan eksternal. Ada dua teknik yang digunakan yaitu yang pertama
dinamakan teknik lossless dan yang kedua teknik lossy. Teknik pemanpatan Lossy
adalah teknik yang memampatkan data
sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar
asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar
dapat dimampatkan sekecil mungkin (terlihat dalam ukuran berkas). Teknik
pemampatan Lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi
yang sama dengangambar aslinya.
Format
|
Keterangan
|
BMP
|
Kepanjangannya adalah BitMap Graphics. Format yang
biasa digunakan pada DOS dan Windows
Ekstesi :. Bmp
|
CDR
|
Format gambar yang dihasilkan oleh Corel Draw.
Ekstensi : .cdr
|
DXF
|
DXF(Drawing Exchange Format) adalah format gambar yang
dihasilkan oleh program auto cad.
Ekstensi : .DXF
|
EPS
|
Kepanjangannya adalah Encapsulated Post Script. Format
yang dapat digunakan untuk teks dan gambar.
Ekstensi : .eps
|
GIF
|
Kepanjangannya adalah Graphic Interchange Format.
Dikembangkan oleh Compouserve pada tahun 1987 dan hanya
dapat menangani 256 warna
Ekstensi : .gif
|
HPG
|
Format dari Hewlett Packcard
Ekstensi ; .hpg
|
JPG
|
Kepanjangannya adalh Join Photographic Expert Group. Tingkat kompresinya sangat tinggi.
Ekstensi : .jpg, .jpeg
|
PCX
|
Format yang digunakan oleh perangkat lunak PaintBrush
Ekstensi ;. Pcx
|
PNG
|
PNG (Portable Network Graphic) dirancang oleh W3C
(World Wide Web Consorium) untuk menggantikan GIF dan JPEG.
Ekstensi ; .png
|
TGA
|
Format Targa (TGA)merupakan format berkas gambar yang
dibuat oleh True Vision,Inc. Untuk mengimplementasikan true color
Ekstensi ; .tga
|
TIFF
|
Kepanjangannya adalah Tagged Image File Format.
Format ini biasa digunakan pada dektop publishing pada
Windows.
Ekstensi: .tif
|
WMF
|
Kepanjangannya dari Windows MetaFile. Biasa dijumpai
pada Windows.
Ekstensi : .wmf
|
WPG
|
Format gambar yang dihasilkan oleh DrawPerfect
Ekstensi : .wpg
|
Berbagai perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar statis. Adobe Photoshop CS6 merupakan contoh perangkat lunak terkenal
di windows yang digunakan untuk memanipulasi gambar dan foto.
1.3.4 Animasi
Animasi berarti
teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Contoh, dapat dilihat pada layar
secara berturut-turut dan bergantian, maka akan terkesan adanya kucingyang sedang melompat.
1.3.5 Video
Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses,
mentransmisikan dan menata ulang Gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Berkaitan dengan “penglihatan dan pendengaran”.Aplikasi video pada
multimedia mencakup banyak aplikasi
Entertainment:
broadcast TV, VCR/DVD recording
Interpersonal:
video telephony, video conferencing
Interactive:
windows
Digital video adalah jenis sistem video recording yang
bekerja menggunakan sistem digital dibandingkan dengan analog dalam hal representasi videonya.Biasanya digital video
direkam dalam tape, kemudian didistribusikan melalui optical disc, misalnya VCD dan DVD. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan video digital adalah
camcorder, yang digunakan untuk merekam gambar-gambar video dan audio, sehingga sebuah camcorder akan terdiri dari camera dan recorder.
Macam-macam camcorder: miniDV, DVD camcorder, dan digital8.
Format
|
Keterangan
|
AVI
|
Kepanjangan adalah Audio/Video Interleaved.
Merupakan standar video pada lingkungan Windows.
Ekstentsi : .avi
|
MOV
|
Format ini dikembangkan oleh Apple. Merupakan format
video yang paling bnyak digunakan Web.
|
MPEG
|
Kepanjangan adalah Motion Picture Expeerts Group. Merupakan
format untuk video yang biasa digunakan dalam VCD
|
Contoh perangkat lunak terkenal
yang biasa digunakan untuk membuat
film dengan format AVI ataupun yang lainnya yaitu Adobe Premiere.
1.4 Perangkat pembuatan aplikasi multimedia
A. perangkat keras
Terdapat dua landasan untuk membuat dan memasarkan aplikasi multimedia yaitu komputer Macintosh dari Apple dan IBM PC atau setara dengan aplikasi Windows dari Microsoft. Komputer-komputer tersebut sudah merupakan GUI (Graphical User Interface). Peralatan antar muka grafis untuk pemakai yang sudah merupakan dasar dari pengguna komputer grafis diseluruh dunia, yang kemudian sekarang digunakan untuk membuat dan membangun aplikasi multimedia.
Komputer PC yang digunakan untuk membuat dan membangun aplikasi multimedia digolongkan dengan MPC (Multimedia Personal Computer). MPC tidak harus terdiri dari unit komputer saja, tetapi mempunyai standar spesifikasi terendah yaitu : MPC Level 1 dan MPC Level 2. Standar ini ditetapkan oleh Multimedia PC Marketing Council yang berkedudukan di Washington, USA.
MPC Level 1 mempunayi standar computer dengan :
- Mikroprosesor 386 SX
- RAM minimal 2 MB
- Harddisk 30 MB
- CD-ROM Drive
- VGA Video (16 warna)
- Sound Card
- Speaker atau Headphones
- Keyboard dan Mouse
Spesifikasi terendah
Level 1 ini memang tidak secara penuh mendukung pembuatan
aplikasi multimedia. MPC Level 2 dengan
standar spesifikasi terendah dikeluarkan tahun 1993. Walaupun spesifikasi
terendah ini berasal dari MPC Level 2, tetapi tidak disarankan untuk menjadi
sistem konfigurasi secara penuh.
Spesifikasi umum dari MPC Level 2 adalah :
- CPU dengan prosesor 486 SX
- Memori 4 MB
- SVGA dengan 256 warna
- Harddisk 160 MB
- CD-ROM Drive
- Sound Card 16 bit
- Speaker atau Headphones
- Keyboard dan Mouse
Dalam pembuatan suatu
aplikasi multimedia, semakin baik alat-alat pendukungnya, maka semakin baik
pula aplikasi multimedia yang dapat dibuat. Beberapa spesifikasi alat-alat
pendukung MPC :
1.4.1 Video Board
Kebutuhan multimedia akan sistem video cepat meningkat, resolusi yang makin tinggi makin diperlukan oleh sistem. Kebutuhan standar sekarang berkisar antar Local Bus dan Graphic Accelerator walaupun sekarang sudah banyak ditawarkan Peripheral Component Interconect (PCI). Sebuah Graphic Accelerator dapat meningkatkan kecepatan pengolahan grafis pada sistem, dibanding pengolahan dibebankan pada mikroprosesor. Memilih Graphic Accelerator yang baik perhatikan pada Chips yang digunakan, semakin cepat dan baik Chips yang digunakan semakin baik Board tersebut.
Besarnya memori yang
digunakan akan mempengaruhi tingkat resolusi dan banyaknya warna yang dapat
dihasilkan. 16 warna membutuhkan ½ byte per pixel; 256 warna membutuhkan 1 byte
per pixel; 46 KB warna membutuhkan 2 byte per pixel sedangkan warna sejati
(16,7 juta warna) membutuhkan 3 byte per pixel. Perkalian antara resolusi
Horizontal dan Vertikal pada tampilan monitor dengan banyaknya warna yang
diinginkan akan menghasilkan nilai dari Memori Video Board yang diinginkan.
Sebagai contoh : tampilan dengan resolusi 1280 x 1024 dengan warna sejati
membutuhkan 3.952.160 byte (1280 x 1024 x 3). Untuk dapat mengolah tampilan
tersebut dengan baik setidaknya dibutuhkan Video Board dengan 4 MB memori.
Dalam memilih monitor juga harus diperhatikan frekuensi yang dihasilkan, pilih monitor yang mempunyai scanning tinggi dan frekuensi vertikal yang sesuai dengan resolusinya. Untuk VESA dengan frekuensi vertikal standar 75 Hz dibutuhkan monitor dengan kemampuan 47 KHz scanning secara horizontal pada resolusi 800 x 600 pixel; 60 KHz pada resolusi 1024 x 768; atau 80 KHz pada resolusi 1280 x 1024 pixel.
Kalau akan merencanakan untuk membuat multimedia perlu dipertimbangkan untuk menyiapkan fasilitas untuk menangkap gambar dari video seperti : Video Tape dan Camcoder. Untuk fasilitas tersebut kita harus menambahkan Video Capture Board.
1.4.2 Sound Card
Suara merupakan salah satu fasilitas yang diminta dalam MPC baik Level 1 maupun diatasnya, karena suara sangat membantu pada saat menanyangkan gambar atau lembar laporan baik hanya dalam bentuk musik atau sebuah narasi.
Suara dapat dihasilkan dari berbagai cara. Untuk komputer yang berbasis Windows suara dapat dihasilkan melalui Speaker Internal dengan cara menginstall Driver Speaker.drv pada Windows. Sedangkan untuk memainkan suara melalui Speaker Eksternal atau dihubungkan dengan peralatan Audio lainnya harus ditambahkan Sound Card.
Pada MPC Level 2 Sound Card yang dibakukan adalah Sound Card dengan resolusi 16 bit, yang artinya Sound Card tersebut mempunyai kemampuan untuk mengolah 16 bit data suara analog menjadi data suara digital maupun sebaliknya. Begitupun kualitas suara ditentukan pula oleh frekuensi suara, semakin tinggi frekuensi suara, maka semakin baik pula kualitasnya. Frekuensi suara yang terbaik adalah 44,1 KHz, sedangkan yang terendah adalah 5,5 KHz. Mode perekaman suara masih terbagi menjadi dua yaitu Stereo dan Mono.
Perekaman dengan kualitas tertinggi akan menghasilkan file yang lebih
besar pula, dengan kata lain besar file akan bergantung dengan kualitas yang
ditentukan pada saat perekaman suara.
Perhitungan besar file suara dengan kualitas perekaman :
(Frekuensi Suara (Hz)) x (Lama perekaman (det)) x (Resolusi /8) x (Mode suara). Sebagai contoh : Perekaman suara dengan resolusi 16 bit, frekuensi 44,1 KHz, stereo selama 1 menit maka akan dibutuhkan kapasitas sebesar : 44100 Hz x 60 detik x (16 / 8) x 2 = 10.584.000 byte. (Mono = 1, Stereo = 2, 1 KHz = 1000 Hz, 1 menit = 60 detik).
1.4.3 CD-ROM Drive
Compact Disk Read Only Memory adalah salah satu terobosan yang cukup penting dalam dunai komputerisasi, walaupun hanya dapat ditulis sekali dan dibaca berulang-ulang, akan tetapi daya simpan yang cukup tinggi sekitar 650 MB sangat membantu sebagai tempat penyimpanan data. Compact Disk yang beredar sekarang ini terdiri dari beberapa tipe format seperti : CD-DA (Digital Audio) atau biasa disebut CD-Music; Kodak Photo CD berisi file-file gambar yang dipadatkan; CD-I (Interactive) berisi gambar-gambar video yang interaktif; dan masih ada beberapa tipe format CD yang lainnya.
CD-ROM Player yang baik adalah yang dapat mendukung semua tipe format CD, setidak-tidaknya beberapa tipe format CD. Perlu diperhatikan pula untuk dapat menjalankan file-file gambar video atau animasi yang baik dengan CD, pilihlah CD-Player dengan kecepatan 4 speed (Quadraple), hal ini untuk menghindari patahan-patahan pada saat membaca CD dan menampilkannya. Satu kecepatan pada CD Player dapat membaca 150 KB data per detik, jadi untuk 4 kecepatan CD-Player dapat membaca 150 x 4 = 600 KB per detik.
1.5
Virtual Reality
1.5.1
Pengertian
Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan
seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan
komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat pemakai
seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk
perancang obat, arsitek, insinyur, pekerja medis, dan bahkan orang awam
melakukan aktifitas-aktifitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh,pilot
dapat menggunakan sistem virtu reality untuk melakukan simulasi penerbangan
sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
1.5.2
Peranti
Virtual Reality
Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan walker.
A.
Glove adalah
peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi
gerakan ke sistem virtual reality.
B.
Headset adalah
peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Selain itu, peranti
inilah yang memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pemakai sehingga
seolah-olah pemakai melihat dunia nyata.
C.
Walker adalah
peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki. Peralatan ini dapat
digunakan untuk mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau
melangkah dalam dunia nyata. Sebagai contoh, kaki akan terasa berat untuk
melangkah ketika pemakai sedang menghadapi dunia semu berupa rawa atau medan
berlumpur.
1.5.3
Cara Kerja
Virtual Reality
Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya
adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya
berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau
speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove
dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan
reaksi yang
1.5.3 Aplikasi
Virtual Reality
A. Manufaktur
Pengujian rancangan, prototiipe semu, analisis ergonomik, simulasi semu
dalam perakitan, prosuksi dan pemeliharaan
B. Arsitektur Perancangan gedung
C. Militer Pelatih (pilot,astronot,pengemudi) simulasi peperangan
D. Kedokteran Pelatihan pembedahan, terapi fisik
E. Penelitian / Pendidikan Studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian
matematika kompleks
F. Hiburan Museum virtual, permainan balap, simulasi pertempuran udara, taman
virtual, simulasi ski,dll
1.5.4 Efek
Negaif Virtual Reality
A. Orang yang menggunakan virtual reality sering mengalami gangguan yang
disebut cybersickness (Haag, Cummings, dan Dawkin, 2000, hal. 294).
B. Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing.
Kadang-kadang penderita terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem
virtual reality walaupun ia telah kembali ke dunia nyata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar