A.
Pengertian Input Device
Piranti input / Input Device adalah
erangkat/ media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan
processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input
devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah
keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan
user(pengguna) dengan computer. Data yang dimasukkan ke dalam system computer
dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Sign input berbentuk data
yang dimasukkan ke dalam system computer, sedangkan maintenance input terbentuk
program yang digunakan untuk mengolah datayang dimasukkan. Jadi input device
selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan
program. Dalam
hal ini data dapat berupa huruf, angka, gambar, suara, audio-video, dan bahkan
gerakan.
B.
Jenis-jenis Piranti Input
1.
Piranti Pengetikan
Piranti pengetikan dapat dipergunakan
untuk memasukan data ataupun perintah. Peranti yang paling umum dipergunakan
dalam system computer adalah keyboard.
Piranti pengetikan yang lain yaitu ATM (
Automated Teller Machine) yang dipakai sebagai mesin pengambil
uang dan POS (Point of Sale)
yang digunakan pada took-toko swalayan.
a.
Keyboard
Keyboard adalah Alat input yang
digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai
intruksi atau perintah ke dalam komputer.
Merupakan piranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf
,angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses computer,
keyboarad juga merupakan piranti masukan yang tidak terlalu banyak mengalami
perubahan sejak dikenalkan pertam kali. Secara garis besar system keyboard
biasanya terdidri atas tombol-tombol. Penciptaan keyboard komputer diilhami
oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher
Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan
Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch
card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946
komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched
cardreader)sebagai alat input dan output. Keyboard dalam bahasa Indonesia
artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat
tombol-tombol huruf A – Z, a –
z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( )
_ - + = <> / , . ? : ; “ ‘
\ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104
tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk
keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat
variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki
101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam
bagian sebagai berikut
A. Alphanumeric Key
B. Numerik Keypad
C. Function Key
D. Modifier Key
E. Cursor Movement Key.
Secara garis besar system keyboard
biasanya terdiri atas tombol-tombol yaitu :
·
Tombol Pengetikan
·
Tombol Angka
·
Tombol Fungsi
·
Tombol Kontrol
Cara kerja Keyboard sangatlah mudah
yaitu dengan menekan sebuah key(tombol),controllerpada keyboard
mendeteksi,mengirim permintaaninterupsi pada CPU,dan memintanya untuk menerima
input dari keyboard.jika CPU telah menerima input dari keyboard,akan terlihat
hasil tombol yang kita tekan dilayar.contohnya,saat kita mengetik,setiap hurup
yang kita tekan akan muncul di layar komputer.
Jenis-Jenis Keyboard
Umumnya jenis keyboard saat ini yaitu :
·
Keyboard 101-key Enhanced
Pada tahun 1986, IBM memperkenalkan IBM
PC / AT Model 339 termasuk yang terakhir ini AT-sistem keluarga adalah
Ditingkatkan baru 101-tombol keyboard, Sedikit yang menyadari IBM pada waktu
itu keyboard 101-key akan menjadi standar de-facto untuk keyboard untuk dekade
berikutnya dan seterusnya.Bahkan Windows saat ini keyboard dan varian mewah
dengan tombol tambahan dan tombol didasarkan pada tata letak.
·
Keyboard Windows 104-key
Keyboard Windows memiliki tombol
control tambahan berupa tombol Windows atau Stars dan tombol Aplikasi,
sedangkan keyboard apple memiliki susunan yang khusus untuk system Mac. Selain
itu masih ada lagi keyboard Braille yang memungkinkan pemasukan data oleh
penyandang tunanetra.
·
Keyboard Standard Apple 82- key
·
Keyboard Extended Apple 108- key
Selain jenis-jenis keyboard yang
diatas,masih ada yang lainnya diantaranya adalah:
·
Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY, dibuat berdasarkan
layout mesin tik. Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada
tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905.
Keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering
ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan
pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik).
·
Keyboard DVORAK
Keyboard DVORAK (1932), dimana susunan
hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak
pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. Selain itu, tata letak Dvorak dirancang
agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi
kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik). Sejumlah percobaan menunjukkan
bahwa tata letak Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak
QWERTY.
·
Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard ini dibuat dengan maksud
menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua
bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard
dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu,
keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis)
dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak
lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak
memakan ruang.
·
Keyboard Maltron
Tak seperti keyboard pada umumnya yang
datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada
saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan
membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya,
hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik
dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus
beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat
menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan
Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk
yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan
bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10
jari bukannya 8 jari.
·
Keyboard Chord
Hanya mempunyai beberapa tombol antara
4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara
bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu
pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang
diinginkan Kecepatannya tinggi Kurang populer, karena pada pemakaian yang lama
akan menyebabkan kelelahan pada tangan.
·
Keyboard Alphabetik
·
Keyboard Numeric
·
Keyboard WIRELESS
Secara fisik Keyboard terbagi menjadi
4, yaitu :
1. Keyboard
Serial
2. Keyboard
PS/2
3. Keyboard
Wireless
4. Keyboard
USB
Teknologi Keyboard
Berdasarkan teknologi switch rangkaian
listrik ada berbagai macam teknologi keyboard antara lain adalah :
·
Rubber dome mechanical
·
Capacitive non-mechanical
·
Metal contact mechanical
·
Membrane mechanical
·
Foam element mechanical
Pada Jenis mekanis , saklar
menghubungkan rangkaian yang terputus pada Jenis capacitive non-mechanical
dalam rangkaian selain ada aliran listrik. Penekanan tombol akan membuat
piringan di bawah tombol mendekati rangkain dan mempengaruhi aliran listrik .
Aliran listrik inilah yang dipantau oleh prosesor dan dicocokan dengan peta
karakter di ROM.
B. ATM
(Automated Teller Machine)
ATM atau biasa disebut Anjungan Tunai Mandiri biasa digunakan
dalam perbankan. Piranti ini memungkinaknkita melakukan transaksi pengambilan
uang tunai,berbagai jenis tagihan, transfer uang bahkan sudah bias digunaka
untuk memesan tiket kereta api.
C. POS
(point of Sale)
Merupakan piranti yang dipergunakan
pada took-toko untuk memasukan data
pembelian. Biasanya piranti ini selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap
degnan angka-angka , juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk
memproses kartu kredit.
1.
Peranti penunjuk
Digunakan untuk memilih
data atau perintah yang muncul di layar monitor. Yang paling umum
adalah mouse,
keyboard dan sejenisnya. Adapun yang lain membentuk pena elektronis
diantaranya adalah penbased
computer system, light pen, dan digitizer.
A.
Mouse
Adalah peranti penunjuk yang pada
saat ini telah banyak dipergunakan secara
umum dan digunakan sebagai penunjuk juga yang ditampilkan layar
monitor. Peranti ini pertama kali
dikenal kan oleh Macintosh dan disenangi oleh pemakai penggunaan mouse baru marak setelah windows
muncul dengan tampilan
graphical user interface (GUI)-nya.
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu
tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat
mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini
dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Bentuk
tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri
atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya
menggunakan tetikus satu tombol.
B. Track ball
Memiliki
fungsi yang sama dengan mouse yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis bedanya jika untuk
menggerakan petunjuk mouse di layar diperlaukan penggeseran mouse, penggeseran
penunjuk track ball dilayar digunakan untuk memutar bola track ball dengan
tangan pemakai yang dihendaki. Peranti penunjuk jenis Ini perlu dibersihkan
lebih sering karena lebih cepat kotor oleh minyak tangan pada pengguna.
B.
Touch screen
Touch
screen atau layar sentuh adalah peranti penunjuk berupa monitor yang telah
dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh
suatu gambar dilayar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah. Contoh
penerapan touch screen yang banyak ditemui adalah pada penunjuk peta di
bandara-bandara atau layanan informasi di beberapa kota besar. Penerapan touch
screen ditempat umum banyak dijumpai seperti pada ATM, mesin-mesin penjualan
tiket, penyedia informasi dikampus, toko dan sebagainya.
C.
Touchpad
Piranti
penunjuk yang berupa tempat daftar guna menggeser tangan di atasnya. Seperti
contohnya pada laptop. Unit ini digunkan sebagai pengganti mouse. Jadi
fungsinya juga untuk memindahkan kursor secara cepat.
D.
joystick
joystick
biasanya digunakan untuk mengendalikan
aplikasi permainan atau game. Prinsipnya sama seperti cara kerja mouse hanya
saja, penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil. Seperti contohnya pada Joystick
untuk playstation
E.
Peranti Penunjuk Berbentuk
Pena
Sistem berbasis pena
elektronis memungkinkan seseorang
memilih,memasukan permintnan,dan bahkan menerima masukan berupa tulisan
tangan,jika menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali dan menterjemahkan
tulisan tangan .Contoh pemanfaatan system computer berbasis pena adalah pena untuk masukan pada PDA dan berbagai computer yang dapat dipegang tangan.
a.
Light Pen
Adalah peranti penunujuk
yang berupa seperti pena dan dapat menghasilkan cahaya, yang digunakan
bersamaan dengan sebuah layer yang peka cahaya (fotoelektrik). Alat ini
digunakan dengan cara menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka kepada
cahaya. Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka satu
isyarat elektronik akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program tersebut. Dengan lightpen memungkinkan kamu
untuk menyentuh suatu titik di layar dan komputer akan membaca lokasi tersebut.
Teknologi ini banyak digunakan untuk membuat grafik atau gambar di dalam
perencanaan dengan bantuan komputer, seperti rancang bangunan atau desain
grafis.
b.
Digitizing tablet
Digitizing tablet
merupakan salah satu piranti digitizer, yaitu piranti yang dapat mengonversi
gambar atau foto menjadi data digital. Piranti ini berbentuk seperti papan
plastic elektronik yang dilengkapi dengan mouse atau pena elektronis. Tablet
akan dapat mengonversikan gerakan tangan pemakai menjadi sinyal digital masukan
bagi computer.
1.
Pengambil Gambar Terformat
Beberapa jenis piranti
masukan yang dapat dipergunakan untuk mengambil citra terformat, dalam arti
bentuk atau format hurufnya sudah ditentukan. Hal ini membantu piranti tersebut
dalam menerima masukan, yang kemudian diubah menjadi sinyal digital. Termasuk
dalam kategori piranti ini adalah bar code reader, MICR, OMR, dan OCR.
A.
Bar code reader
Bar code adalah pola
garis-garis hitam putih yang umum dijumpai pada barang-barang yang dijual
ditoko-toko swalayan untuk mempercepat proses pemasukan data transaksi
penjualan. Bar code ini dibaca dengan alat yang disebut Bar code reader yang berupa semacam scanner fotoelektris yang
dapat mengkonversi data bar code menjadi sinyal digital.
B.
Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
MICR dipergunakan untuk
membaca karakter-karakter khusus MICR yang dicetak dengan tinta khusus pula.
Tinta ini nantinya akan dimagnetasi oleh piranti MICR, sehingga informasi
magnetisnya dapat dibaca dan diterjemahkan menjadi sinyal digital. Tinta
magnetis ini merupakan metode yang dapat menyediakan pemrosesan informasi
secara aman dan berkecepatan tinggi. Penggunaannya biasanya pada cek bank,
dengan bagian bawah seringkali terdiri atas karakter dengan bentuk khusus yang
berupa nomor cek, nomor pengurutan, dan nomor account lainnya.
C.Optical
Mark Recognition (OMR).
OMR adalah piranti yang
dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat
digunakan oleh computer. Piranti ini membaca masukan dengan bantuan refleksi
optis, dengan mengenali ketebalan tulisan. Contoh pemanfaatan OMR ini adalah
pada tes-tes penerimaan mahasiswa baru. Peserta tes diminta untuk mengisi
bulatan-bulatan jawaban dengan pensil 2B. Keuntungan memanfaatkan OMR selain
dalam hal kecepatan memproses, juga dalam hal ketelitian karena terhindar dari
kesalahan manusia dalam mengoreksi.
D.Optical
character Recognition (OCR)
OCR adalah piranti yang
dapat membaca teks dan mengonversikannya kedalam kode digital yang nantinya
diproses oleh computer. Sistem OCR terdiri atas perangkat keras dan perangkat
lunak pemanipulasi data. Pengembangan lebih lanjut dari OCR ini memungkinkan
adanya piranti yang dapat membantu menerjemahkan teks, membantu orang yang
tidak dapat membaca dengan mengubah teks menjadi suara, membaca cerita untuk
kanak-kanak, memasukan data dari teks dimajalah ke memori atau ke tempat kursor
di pengolahan data, merekam alamat, mencatat secara langsung hal-hal penting,
dan merekam naskah untuk keperluan perpustakaan.
2.
Pengambilan Gambar Tak
Terformat
A. Image Scanner
Scanner adalah suatu alat
elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotokopi hasilnya
dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada
layar monitor komputer, kemudian dapat dimodifikasi sehingga tampilan dan
hasilnya menjadi bagus. Di antaranya Proses berikutnya adalah mengedit kemudian
mencetak. Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di
dunia dengan berbagai merk pula, scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard,
EPSON, UMAX dan masih banyak lagi. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk
terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya
penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.
B. Kamera Digital
Sebuah kamera dapat
dianggap sebagai sebuah peranti yang dapat mengubah sebuah citra optis ke
sebuah replika film atau elektronis. Sebuah kamera biasanya menggunakan sebuah
lensa untuk membuat citra dari sebuah obyek. Jika kita meletakkan sensor citra
di tempat citra optis terbentuk, maka akan dapat menangkap citra yang mirip
dengan obyek bersangkutan.
C. Pembaca Retina Mata
Berfungsi untuk membaca
retina mata seseorang dan menghasilkan suatu identitas retina mata. Identitas
inilah yang kemudian diproses oleh Komputer untuk melakukan tindakan-tindakan
tertentu.Misalnya memperkenankan pemakai untuk memasuki ruang rahasia.
D. Pembaca Sidik Jari
Adalah peranti yang
digunakan untuk membaca sidik jari seseorang.hasil pembacaan berupa data gambar
yang menyatakan bentuk sidik jari seseorang.Perangkat ini dapat dijadikan
sebagai alat untuk menangani kehadiran pegawai atau untuk memasuki
tempat-tempat yang bersifat rahasia dan diakses secara otomatis.Dalam hal ini,
sidik jari berlaku sebagai identitas seseorang.
5. Piranti
Suara
Beberapa Jenis peranti
yang digunakan untuk menangkap masukan berupa suara agar dapat dibuah menjadi
isyarat telah tersedai di pasaran. Penangkapan masukan suara biasanya dilakukan
melalui mikropon (microphone) atau pesawat telpon, namun dalam perkembangannya
muncul alat yang disebut Automatic Speech Recognition (ASR) yang terdiri atas
perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat mengenali kata-kata manusia.
A. Mikropon
Prinsip kerja mikropon
sebenarnya adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik. Input
device ini berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang akan disimpan di
dalam memori komputer. Penggunaan mikrofon harus didukung oleh hardware lain
seperti soundcard dan speaker.
B. Automatic Speech Recognition (ASR)
Sistem ASR dapat mengenali
masukan berupa kata-kata dalam kalimat.sistem ini memiliki :
1.Fitur penganalisis yang dapat
memisahkan suara orang dengan suara-suara pengganggu pada latar belakang dan
mengubah sinyal digital suara menjadi fonem
2. Pengklasifikasi pola
3. Pemrosesan bahasa.
C. Touchtone
Adalah peranti yang dapat menerima masukan yang berasal dari
telepon untuk memasukan informasi atau perintah. Contoh pemanfaatan touchtone
yaitu untuk membentuk fasilitas layanan informasi saldo rekening pada bank,
pada registrasi mahasiswa, pada activehome yang menggunakan media telepon untuk
mengendalikan berbagai fasilitas dalam rumah.
6. Piranti
Video
1. Camcoder
Kamera video atau sering disebut
dengan video camera recorder atau camcorder digunakan untuk merekam citra yang
bergerak. Camcorder adalah alat perekam elektronik portable yang mempunyai
kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassete
Recorder (VCR), TV, dan Komputer.Camcorder dapat dikategorikan sebagai alat
input.
2. Webcam
Perkembangan teknologi memungkinkan
orang dapat berkomunikasi sambil melihat lawan bicaranya. Salah satu perangkat
yang membantu hal tersebut adalah webcam. Dengan web camera (webcam), seseorang
bisa berkomunikasi atau chatting sambil melihat lawan bicaranya.Webcam adalah
kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat
menangkap video serta gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive
komputer kita.
7. Piranti
Gerakan
Untuk memantau gerakan
manusia yang banyak dimanfaatkan pada virtual reality, diperguanakn
peranti-peranti yang bernama glove, headset dan walker
1. Headset
Headset
adalah peranti yang dipasang pada kepala, menutp mata, yang digunakan untuk
menangkap dan merekam gerakan kepala serta menayangkan berbagai macam gamar ke
mata pemakai.
2. Glove
Glove
berbentuk seperti sarung tangan, yang terapat sensor-sensor gerak yang
digunakan untuk merekam jenis data kinetis tangan user dan dirubah menjadi
digital.
3. Walker
Walker
berbentuk seperti sepatu yang terdapat sensor-sensor gerak yang digunakan untuk
menangkap dan merekam data kinetis kaki user dan diubah menjadi digital.
8. Graphic
Pads
Karena menggunakan teknologi Computer
Aided Design (CAD), maka kita dapat membuat rancangan bangunan, rumah, dll
dengan menggunakan grapich pads. Graphic pads memiliki dua jenis. Pertama,
menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan
tegangan rendah. Pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane yang
sensitif terhadap sentuhan. Kedua, menggunakan bantalan yang sensitif dengan
sentuhan tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas
gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
9. Sensor
Sensor
merupakan piranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan. Data ini
berupa data khusus, yang langsung dimasukkan ke dalam komputer. Contoh
pemanfaatannya yaitu pada pendeteksi gunung berapi, detektor kecepatan laju
kendaraan di jalan raya, pada pesawat untuk mendeteksi perubahan arah mata
angin yang mendadak, pada kedokteran untuk mengukur suhu badan, dan juga untuk
pengontrolan pada rumah tangga. Contoh penggunaan sensor pada rumah tangga
adalah hawkeye, yang dapat digunakan untuk memantau kehadiran orang melalui
panas badan dan gerakan. Selannjutnya masukan ini dapat digunakan untuk
menjalankan suatu makro yang telah disiapkan, misalnya untuk mematikan atau
menyalakan lampu secara otomatis pada saat ada orang masuk atau keluar ruangan,
bahkan mengatur AC, memutar lagu, dan lain sebagainya secara otomatis
10. Radio
Frequency Identification Device ( RFID)
RFID
adalah piranti yang memanfaatkan gelombang frekuensi radio untuk mengirimkan
data dari sesuatu yang ditempeli RFID tersebut ke piranti pelacak RFID. RFID
memiliki kelebihan dalam hal keamanan, karena pirantinya sulit dipalsukan.
Selain itu, piranti RFID tak memerlukan media kabel penghubung dan tak
memerlukan arena lurus bebas pandang, sehingga sangat sesuai untuk memonitor
sesuatu yang bergerak. RFID dapat memantau sesuatu dengan radius yang
bervariasi tergantung kepada kekuatan pemancarannya. Beberapa contoh
pemanfaatan RFID:
Penarikan biaya jalan tol,Pengidentifikasian
dan pelacakan jalur kereta, Pemantauan transportasi truk container, Aplikasi-aplikasi
pengolahan kesehatan dan logistic, Pengidentifikasian hewan, Pelumpuhan mobil untuk alasan keamanan, Otentikasi
dokumen, Pelacakan pemain ski,
Pemantauan peserta pada lomba olah
raga
11. Pembaca
Kartu Magnetik
Kartu
magnetic berbentuk seperti kartu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetic.
Pada pita magnetic inilah data tertentu dapat diletakan. Data yang ditempatkan
pada pita ini dapat berupa nomor induk pegawai, identitas bank atau nomor
rekening nasabah. Dengan menggunakan pembaca kartu magnetic, data pada pita
tersebut dapat dibaca dan dimengerti oleh computer. Contoh penguunaan nya pada
ATM. Pada mesin ATM inilah terdapat pembaca kartu magnetic
12. Pembaca
Kartu Cerdas
Smart
card alias kartu cerdas sebenarnya adalah sebuah computer berukuran kecil
karena dilengkapi dengan chip yang mengandung prosesor, RAM, dan ROM, dan
bahkan sistem operasi dengan tingkat keamanan tinggi. Kartu ini biasa dipakai
untuk menyimpan data pasien dan riwayat kesehatannya, data nasabah dan
transaksi yang pernah dilakukannya. Di Indonesia biasa dipakai untuk kartu
tabungan dan telpon prabayar. Untuk membaca data yang ada dikartu tersebut
perlu alat yang disebut pembaca kartu cerdas (smart card reader).
13. CD-ROM
Drive dan DVD-ROM Drive
CD-ROM Drive adalah alat
yang menggunakan optic untuk membaca CD, VCD pada komputer. Sedangkan DVD-ROM
Drive adalah alat optic untuk membaca media DVD dan juga dapat membaca media
CD, VCD pada komputer.
ok min, makasih banyaks udahs hare
BalasHapussolder uap